Sunday, January 13, 2008

Apakah hidup harus memilih?

Assalamu'alaikum wr.wb...
Alhamdulillahirobbil'alamin,segala puji bagi Allah yang menguasai seluruh alam ini.Pada kesempatan kali ini,saya mencoba menguraikan sedikit tentang apakah hidup itu harus memilih?Kita semua sadar bahwa kita berada ditengah2 kehidupan yang komplek,penuh warna dan pilihan sebagai jalan yang akan kita lalui.Sering kita harus bersepekulasi dan menebak-nebak arah mana yang harus kita tempuh diantara 2 cabang,apakah jalan yang kita lalui adalah jalan yang benar atau tidak?Dalam hal apapun kita sering dihadapkan pada banyak pilihan,dalam keluarga,pekerjaan,atau dalam hal2 kecil sekalipun,seperti pada saat makan sering sekali kita dihadapkan untuk memilih,kira2 lauk apa yang ingin kita makan sekarang.Dari contoh kecil diatas,tentunya kita punya alasan dan pertimbangan yang matang terhadap pilihan kita,kita tidak memungkiri bahwa kita adalah manusia biasa,yang penuh kesalahan dan khilaf,apa yang menurut kita benar/baik bisa jadi tidak menurut Allah,nah dari situ kita sebagai manusia yang beriman,yang percaya pada yang gha'ib,dan yang percaya adanya tuhan yang menguasai alam dan yang mengatur kehidupan ini,kita coba hubungkan dengan apa yang kita dapati sebagai makhluk ciptaan tuhan yang paling tinggi,kita dikaruniai akal pikiran dan hati sebagai dasar kita untuk belajar,memahami,dan membedakan hal baik dan buruk.Dengan akal kita bisa belajar dan memahami apa2 yang merupakan petunjuk dari Allah sebagai pedoman buat hidup kita.Dan dengan hati kita bisa merasa dan membedakan kebaikan dan keburukan.Dan Alqur'an adalah jelas2 sebagai petunjuk bagi manusia untuk menjalani kehidupan ini dan kehidupan diakhirat nanti,sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya,yang menguasai seluruh alam dan mengatur kehidupan ini,Allahuakbar!
Dari situ rasanya tidak ada alasan buat kita sebagai hamba-Nya untuk ingkar pada-Nya,apa2 yang kita alami dan kita dapati sekarang adalah karena pilihan kita sendiri,kebaikan dan keburukan yang kita dapati dikehidupan kita adalah atas pilihan kita sendiri,jika kita mengikuti petunjuk dari pencipta dan pengatur kehidupan ini yaitu Allah,maka kebaikan yang akan kita dapati,Alqur'an adalah petunjuk dari-Nya!
Dari uraian diatas,jelaslah bahwa Allah sangat sayang kepada makhuk-Nya,Alqur'an sebagai petunjuk hidup manusia sebenarnya adalah pilihan yang harus dipilih oleh setiap manusia,dan jalan yang lurus dan kebaikan adalah hanya pada-Nya.Sedangkan apa2 yang kita dapati sekarang adalah karena pilihan kita sendiri.Akal,pikiran,dan hati yang dikaruniakan kepada kita sebagai penimbang antara baik dan buruk tidak membuat kita untuk belajar dan memahami petunjuk-Nya,untuk kemudian kita berada dijalan-Nya!
Subhanallah,maha suci Allah yang tiada tuhan selain Dia,semoga kita sebagai hambanya selalu dalam lindungan dan hidayah-Nya,Amin!Mungkin itulah sedikit uraian dari saya,semoga bermanfaat buat pembaca,dan tiada kebenaran selain dari Allah,maka apabila tulisan saya terdapat banyak kesalahan mohon dimaafkan,sebagai sesama muslim disini saya mengajak marilah kita bersama2 berdakwah sebagai pembuka mata hati kita,semoga bisa bermanfaat untuk kita semua,Amin!
Sebagai penulis saya sangat mengharapkan masukan dan komentar pembaca dari tulisan saya,semoga menjadi pembelajaran buat kita semua,Amin!
Subhanallah,maha suci Allah yang segala kebenaran hanya pada-Nya!
Wassalamu'alaikum wr.wb...

3 comments:

Kang Mawan said...

Ass...
omamier ini kunjungan balik dan sekaligus kujungan perdanaku ke blog sampeyan...makasih ya dah mampir di halamanku yang masih berantakan hehe...o ya artikelnya boleh juga. memang benar tu om, banyak orang2 yang belum memahami kehidupan.. salut buat omamier. terus berkarya dan tetap ngeblog.. ok salam kreativ dari saya wasalam

OmAmier.blogspot.com said...
This comment has been removed by the author.
OmAmier.blogspot.com said...
This comment has been removed by the author.